Monday, March 30, 2015

10 Penyebab Kebakaran yang sebaiknya dihindari


10 Penyebab Kebakaran yang sebaiknya dihindari

Api sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia terutama dalam kebutuhan masak ataupun pembakaran kereta api, akan tetapi disamping manfaatnya yang banyak itu api juga memiliki sisi kerugiannya terutama kerugian Harta bahkan Nyawa. 

Di karenakan api bisa membakar apa saja yang dilaluinya termasuk itu Kayu, plastik, Besi, maupun Nyawa seseorang. Nah, karena kebakaran itu sangat merugikan dan dapat membawa kesedihan mendalam dalam hati Si Korban dan kita sebagai manusia tidak tahu pasti kapan terjadinya kebakaran ada baiknya kita bersama sama mengetahui apa saja penyebab kebakaran beserta cara menghindarinya.

Berikut adalah 10 penyebab kebakaran dan cara menghindarinya :

1. Lalai Kompor

Keseringan terjadinya kebakaran faktor penyebab utamanya adalah Membiarkan Kompor GAS, Minyak Tanah, maupun kompor Listrik menyala dan akhirnya membakar daerah sekelilingnya, hal ini juga berpengaruh terhadap faktor angin. Kebakaran bisa saja meluas dengan cepat jika Gas LPG meledak.

Cara menghindarinya sangatlah mudah anda hanya perlu mematikan kompor dengan benar setelah tidak digunakan.

2. Konslet Listrik

Listrik juga sangat berperan dalam terjadinya kebakaran hal ini dikarenakan jika dua aliran Listrik bertemu maka akan terjadinya pemanasan dan akhirnya timbul api.

Cara mengatasinya anda hanya perlu mengganti Kabel listrik yang terbuka (telanjang Kabel) dengan yang baru yang sesuai dengan  SNi, dan cara pemasangannya haruslah sesuai dengan prosedur yang benar.

3. Penggunaan Elektronik Listrik

Barang-barang elektronik juga perlu diperhatikan penggunaannya, karena jika sembrono maka akibatnya Nyawa anda terancam. Contohnya saja penggunaan setrika, jika anda sedang menyetrika pakaian dan anda hendak meninggalkan setrikaan tersebut ada baiknya anda mematikan atau mendudukan setrika pada posisi yang aman.

Cara mengatasinya adalah Gunakan barang elektronik sesuai dengan prosedur keamanan, Hindari sembrono dalam penggunaan. Dan jauhkan penempatan kabel dari Air 

4. Puntung Rokok

“Merokok dapat membunuhmu“ ya itulah slogan pemberitahuan yang ada di kotak rokok memang benar merokok dapat membunuh melalui Penyakit kanker hingga kebakaran. Jika anda perokok ada baiknya sebelum membuang puntungnya mematikan api yang ada dengan menginjak atau menyiramnya.

Walaupun apinya kecil jangan dianggap sepele, api yang kecil itu bisa membunuh anda atau orang yang ada di sekitar anda.
Cara menghindarinya buang putung rokok dengan mematikan api seperti cara yang telah disebutkan diatas.

5. Lampu sentir (Sejenis Obor)

Lampu sejenis ini adalah lampu lampu yang menggunakan api sebagai cahaya penerangnya. Karena api itu berbahaya sebaiknya anda berhati hati, jika anda menggunakannya tidak hati hati maka akan berakibat fatal nantinya.
Cara menghindarinya jika bisa, gunakan Lampu yang lebih aman seperti Lampu senter LED (baterai)

6. Perhatikan Anak-anak

Adakalanya anak-anak senang bermain api, jadi anda sebagai orang tua sebaiknya melarangnya karena ini menyangkut keselamatan Nyawa anak itu sendiri dan orang lain.
Cara menghindarinya Larang dan perhatikan anak anda pada saat bermain api, bila perlu nasihati anak akan bahayanya dan manfaat dari api.

7. Pembakaran Sampah

Sebagian orang sering membakar sampah karena untuk kebersihan rumahnya, akan tetapi perlu di ketahui bahwa membakar sampah dapat mengakibatkan polusi udara dan juga sampai kebakaran. Jika ada penjual Bensin eceran ataupun SPBu didekat rumah anda nanti akibatnya terjadi kebakaran.
Cara menghindarinya matikan pembakaran api dari sampah jika anda sudah tidak mengawasi api , hal ini dikarenakan nanti akan terjadinya api merambat ke rumah anda atau tetangga anda.

8. Waspadai Rumah Tetangga

Hati-hatilah terhadap rumah tetangga bisa saja rumah mereka yang sudah kebakaran merambat kerumah anda.
Cara menghindarinya hendaknya melaksanakan kegiatan acara bersosialisasi dalam menghindari kebakaran.

9. Listrik Padam

Listrik padam atau sering disebut mati lampu adalah hal yang biasa. Akan tetapi jika listrik mati > hidup > mati > hidup perlu anda waspada, karena hal ini dapat memicu api dari kabel listrik yang ada dirumah anda. apalagi pada saat ini barang Elektronik tercolok di Stopkontak semua hal ini akan dapat membuat beban yang besar dan juga dapat merusak barang elektronik anda.
Cara menghindarinya cabut kabel barang elektronik dari stop kontak bila listrik padam (mati lampu), jika ingin lebih aman Matikan sekering.

10. Mesin Genset

Mesin Genset sering digunakan pada saat mati lampu, akan tetapi sebaiknya pada saat menggunakan mesin genset kita harus dengan memperhatikan daerah sekeliling ruangan mesin genset tersebut. 
Jangan sampai ada barang yang mudah terbakar yang ada di sekelilingnya contohnya saja kantong plastik atau kertas kertas. Mesin Genset juga bisa membuat tubuh tersetrum sengatan Listriknya bahkan sampai meregang Nyawa. Jadi usahakan lebih berhati hati dalam penggunaannya.

Cara menghindarinya Periksa mesin Genset apakah masih dalam kondisi layak pakai, dan hindari benda mudah terbakar di ruangan genset.
Anda telah membaca artikel 10 penyebab terjadinya kebakaran ada baiknya anda membaca beberapa Hal ini.
NB:

Gunakan Listrik sesuai kebutuhan
Berhati hatilah dalam penggunaan Api dan Listrik
Waspada pada api meski itu berukuran kecil
Walaupun 10 hal diatas terlihat sepele tetapi usahakan jangan sampai kebakaran itu terjadi


EmoticonEmoticon