Wednesday, March 25, 2015

Takut Di Begal beginilah 10 Tips Amannya

Ilustrasi begal  www.carmudi.co.id


Takut Di Begal begini Tips Amannya

Begal bukan lagi kriminal yang biasa begal sekarang sudah menjadi kriminalitas kejahatan yang Makin lama makin menjadi jadi. Sekarang pembegal sudah banyak di Tahan oleh polisi akan tetapi bukan berarti membuat para pembegal lain yang itu menjadi jera.

Kian hari kian banyak kasus begal yang kita dengar baik itu melalui Televisi, Media cetak, maupun Internet. Kita kadang merasa kasihan pada mereka yang dibegal apalagi sampai nyawanya hilang.

Begal sekarang sudah banyak berkeliaran di berbagai pelosok Negeri kita ini, Untuk itu ada baiknya ada waspada dan berhati hati kalau hendak bepergian ataupun pulang dari kerja anda.

Waspada juga tidaklah Cukup, jika anda tidak dapat mempertahankan diri anda. Untuk itu ada baiknya anda mengikuti berbagai Tips aman Agar Tidak di Begal.

Berikut adalah tipsnya :



1. Hindari Memakai Barang Yang Mencolok

Pelaku begal mengincar Korban yang memakai barang barang mencolok seperti halnya Emas (Perhiasan), Dan Motor Mahal. Emas dapat memancing dan menaikkan Nafsu pembegal untuk mengguasai barang korban.
Untuk itu sebaiknya jika bepergian janganlah bawa barang mahal tersebut, Jika terpaksa maka simpanlah barang perhiasan tersebut ditempat yang sulit dijangkau pembegal. karena dikhawatirkan akan memancing nafsu pembegal untuk merampas Emas bahkan Sepeda motor si korban.



2. Persenjatai Diri

Persenjataan memanglah sangat penting untuk hati hati, akan tetapi bukan seperti Pistol, Golok, ataupun, pedang. Karena jika anda membawa barang tersebut akan dikhawatirkan ada Razia polisi dan mungkin saja anda dituduh Komplotan pembegal. Bila anda bisa ilmu bela diri maka anda akan beruntung dalam menghadapi para pembegal itu.

Jadi apa saja senjatanya:

Senjatanya tidak perlu berlebihan seperti yang diatas tadi, anda Bisa membawa pepper spray (Penyemprot merica) di Tas. Untuk mendapatkannya anda bisa membelinya di Toko-toko atau Mal mal terdekat.



3. Tidak Pulang Sendirian

Bila anda pulang kerja atau kuliah terlebih lagi malam hari ada baiknya anda menghindari Bepergian ataupun pulang sendirian.  karena kebanyakan para pembegal mengincar korban yang pulang sendirian apalagi tempat itu sepi, Maka pembegal semakin berani melakukan aksinya karena Tidak ada saksi Manusia yang melihat.

Sebaiknnya Tunggulah Waktu hingga Esok hari. Jika terpakasa maka ada baiknya anda menghubungi dan menginformasikan perjalanan anda ke karib keluarga anda.



4. Pakai Lah Helm Atau Jacket

Memakai Helm jarang dilakukan oleh masyarakat, itu dikarenakan memakai Helm dapat membuat Rambut menjadi acak, Ribet membawanya atau yang lainnya. Perlu anda ketahui bahwa memakai helm ini penting karena bisa saja Pembegal Membacok atau menjatuhkan anda dari kendaraan sepeda motor anda.

Untuk itu maka pakailah Helm kemanapun anda pergi, asalkan anda pergi menggunakan sepeda motor. Ada saja cara pembegal untuk menjatuhkan korbannya contohnya saja

- Menendang korban
- Melempar batu
- Menghadang pakai Tali
- Menyerempet

Nah kalau jacket fungsinya adalah sebagai menahan sedikit rasa gesekan di Tanah atau aspal ketika anda jatuh, bukan hanya itu saja Jacket juga bisa membuat para pembegal segan terlebih lagi jacketnya warnanya Hitam. Tetapi walaupun begitu Jacket tetaplah Jacket jadi anda harus Berhati hati lagi.



5. Curigai Pembuntut

Dalam bepergian sebaiknya anda mencurigai orang yang mengikuti (membuntuti) jalan anda. karena bisa saja itu Pembegal terlebih lagi pembuntutnya sampai 4+ lebih. Jika anda dalam keadaan tersebut sebaiknya anda selalu waspada dan Fokus kejalan raya dahulu.  Jika mereka menyuruh anda berhenti, usahakan Berhenti menepi dijalan yang ramai.  Bila memungkinkan, melaju kencang meninggalkan 
pembegal tersebut atau Anda berhenti.

6. Pastikan Kendaraan Aman

Kendaraan juga sangat perlu diperhatikan karena hal ini sangat penting, jika kendaraan bermotor anda ada masalah contohnya Rantai terlalu kendor, Pelak (Lingkaran ban) sudah keropos. Bila masalah itu tidak diperbaiki maka kemungkinan besar akan berakibat fatal.

Sebagai ilustrasi coba bayangkan jika anda dikejar oleh Pembegal dan anda pada saat itu meresfect untuk tarik gas dan bila pada saat anda melaju kencang bisa saja lingkaran ban lepas atau Rantai sepeda motor lepas karena diajak berlari terlalu kencang. Dua hal tadi bisa membuat anda jatuh terluntang-lantang dan juga bisa berakibat patah tulang hingga kematian. 

7. Pulang Berdemo

Sebenarnya yang saya maksud di sini adalah pulang dengan beramai ramai dengan keluarga, sahabat, dan orang baik yang anda kenal. Ingat jangan sampai anda pulang dengan orang yang tidak anda kenal bisa bisa saja orang tersebut adalah komplotan pembegal. 

8.Persiapkan Hp/smartphone Handphone

Memang sangatlah penting dan berguna bagi kehidupan manusia terutama dalam masalah komunikasi. Handphone yang perlu dipersiapkan disini tidak penting mahal atau canggihnya karena yang dibutuhkan adalah bisa berkomunikasi dan yang pastinya harus ada Pulsa.

Handphone ini berguna bila anda dalam bahaya. Walaupun tak sempat menelepon yang penting anda bisa mengabarkan keluarga anda atau anda bisa melapor kepolisi setempat. 

9. Pilih Jalan Yang Aman

Semua orang ingin aman dan selamat dari kejadian yang tidak di inginkan, oleh karena itu ada baiknya untuk mengantisipasinya anda bisa memilih jalan yang aman. Aman yang dimaksud disini adalah Jalan yang ramai dengan penerangan yang cukup, tempatnya banyak pemukiman.

Fungsi melewati jalan yang ramai adalah membuat para begal tidak berani melakukan aksinya akan tetapi ada juga begal yang tidak segan segan, dan juga membuat anda mudah meminta pertolongan kepada warga yang ada di sekitar. 

10. Mengalah

Yang ini adalah yang paling berat bagi hati si Korban hal ini dikarenakan, Motor kesayangan harus pergi berpindah tangan. “Walaupun begitu lebih baik sepeda motor pergi hilang tangan daripada nyawa terbang melayang”. Bila motor anda sudah hilang dan nyawa masih ada dan Bila memungkinkan dan sempat, ada baiknya anda mengenali ciri ciri wajah pelaku pada saat itu. hal ini dikarenakan anda bisa melapor pada kantor polisi.

Nb:
Ikutilah peraturan lalu lintas dan persyaratan berkendara  karena itu  untuk diri para pengguna jalan itu sendiri. 
Kebanyakan para pembegal melakukan aksinya ditempat yang sunyi dan gelap jadi sebaiknya hindarilah tempat tersebut.
Persiapkan Nomer telepon polisi dikontak Hp anda “Untuk jaga jaga”

Begitulah informasi dan tips aman dari begal
Semoga dapat bermanfaat terimakasih

1 komentar so far


EmoticonEmoticon