Minggu, 12 April 2015

Tips Mudah menghadapi Ujian Nasional



Pada saat hari menjelang ujian nasional murid-murid sekolah sedang sibuk untuk persiapan untuk melaksanakan ujian nasional. Beberepa persiapan ujian nasional yang mereka lakukan salah satunya adalah belajar dengan penuh pada saat hari sebelum ujian tersebut.

Pelaksanaan ujian nasional ini membuat Anak murid itu sibuk hanya untuk belajar, sehingga mereka pun tertekan karena takut gagal dalam ujian nasional tersebut.

Jika anda mempunyai anak yang hendak melaksanakan ujian ada baiknya ia tidak terlalu tegang dalam melaksanakan ujian tersebut karena jika merasa terlalu tegang maka Pikiran dan konsentrasi si anak pun akan terganggu dan jangan biarkan anak anda sampai stres dalam ujian ini.

Namun dalam pelaksanaan ujian nasional tahun 2015 ini, pemerintah sudah memberitahukan bahwa ujian nasional bukanlah faktor kelulusan bagi si murid, jadi anak murid jangan terlalu khawatir dalam melaksanakan ujian kali ini tapi tetaplah rajin belajar dan jujur dalam mengisi lembar jawabannya.

Bagi anda atau anak anda yang ingin ujiannya berjalan sukses ada baiknya memperhatikan beberapa tips ini :

1. Belajar yang giat

Belajar memanglah sangat penting akan tetapi belajarlah dengan ikhlas hal ini di maksudkan agar mata pelajaran yang dipelajari bisa dengan mudah dipahami dan diserap oleh otak kita.

2. Berdo’a Kepada Allah SWT

Seperti yang telah diungkapkan diatas belajar memanglah tidak cukup tanpa adanya do’a, memanglah benar ungkapan tersebut. Tetapi usahakan berdo’a dengan sungguh sungguh dan dengan usaha yang jujur dan niat yang baik pula.

3. Perhatikan kesehatan

Pada saat sibuk belajar usahakan perhatikan kesehatan dengan cara memakan makanan yang sehat dan bergizi sehingga pada saat ujian tubuh terasa semangat dan fit, ingat jangat terlalu berlebihan karena nantinya bisa mengakibatkan sakit perut.

4. Sabar

Adakalanya anak murid ingin cepat-cepat menyelesaikan ujian  apalagi jika ia melihat teman kelasnya sudah menyelesaikan duluan padahal waktu ujian masih sangatlah banyak. Sebaiknya tenangkan pikiran dan jangan terpengaruh oleh teman dan selalu manfaatkan waktu luang untuk memeriksa jawaban manakala ada yang salah.

5. Teliti

Sebelum ujian telitilah dan periksa dalam mengisi lembar jawabanya karena biasanya Pada saat menjawab soal,  akan tetapi nama, kelas, tanggal lahir tertinggal diisi biasa tertinggal tidak di isi.

6. Fokus (Konsisten)

Fokuskan pikiran pada saat UN, karena biasanya murid tidak fokus pada pelajaran bisa membuat ia kebingungan dan merasa lupa apa yang mau dikerjakan oleh si murid, sampai akhirnya ia pun mencontek teman. Solusinya tenangkan pikiran dan bacalah soal dengan kesabaran.

7. Teguh Pendirian

Pada saat ujian si murid biasa bingung dan ragu dengan jawaban yang dia buat, ia mengira bahwa mencontek teman adalah cara yang benar dan mudah. Padahal jawaban teman yang ia contek belum tentu benar. Jadi yakinlah pada jawaban sendiri.

Pada saat ujian hendak ujian usahakan tidur lebih awal dan gunakan waktu siang untuk belajar dan konsumsilah makanan yang sehat agar tubuh menjadi semangat dalam menjalankan ujian.