Rabu, 15 Juli 2015

7 Tips Untuk Melupakan Mantan Yang Selalu Terbayang



Images by pixabay.com

Pada masa lalu, mungkin ada sebagian umat islam yang pernah pacaran terhadap seorang kekasih yang ia cintai dan kasihi dalam hidupnya. Namun, sekarang ini mungkin kekasih yang pernah ia cintai tersebut sudah berubah menjadi mantan lantaran ia putuskan karena takut kepada ancaman dari Allah.

Hal tersebut tidaklah salah, karena mengingat agama islam memang tak pernah mengenal istilah yang namanya pacaran melainkan islam memperbolehkan ta’aruf itu pun dengan syarat dan ketentuan yang telah diatur di syariat islam.

Meskipun telah memutuskan hubungan pacaran dan berusaha untuk melupakannya, terkadang atau bahkan sering kali kita teringatkan oleh bayangan Mantan kekasih tersebut ? Hal ini tentu saja bisa membuat kita terganggu bahkan bisa berdosa bila mengingat hal yang bukan-bukan.

Nah, Maka oleh karena hal itulah kita harus melupakannya dengan cara yang sungguh-sungguh dan mulai membenci jika kembali kepada perbuatan maksiat. Seperti dalam Hadis yang di riwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Tiga perkara yang bisa seseorang memilikinya maka ia akan merasakan manisnya iman, yaitu: (1) Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari selain keduanya, (2) Ia mencintai saudaranya hanyalah karena Allah, (3) ia benci kembali pada kekufuran setelah Allah menyelamatkan darinya sebagaimana ia tidak suka jika dilemparkan dalam api." (HR. Bukhari no. 21 dan Muslim no. 43).

Adapun 7 tips untuk melupakan mantan pacar berikut ini:
1. Mulai Bertaubat

Jika anda memang benar-benar ingin meninggalkan yang namanya pacaran, maka ada baiknya harus rajin-rajin menyesali perbuatan maksiat yang pernah dilakukan selain itu mulailah untuk serius bertaubat untuk tidak pacaran lagi

2. Sibukkan Diri
Daripada hari-hari anda harus terbuang sia-sia hanya untuk membayangkannya orang yang belum tentu baik dan memikirkan anda. Maka sebaiknya harus mulai berubah dan mulai mengisi hari-hari anda dengan kegiatan yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan dunia maupun akhirat.
Beberapa kegiatan yang bisa mengusir bayangan tersebut di antaranya ialah dengan bekerja,membaca Al-Qur’an maupun Shalat. Dengan adanya kesibukan di dalam hari-hari anda kemungkinan besar anda pikiran dari bayangan mantan akan mulai terlupakan.

3. Hijrah dari lingkungan yang dulu pernah bermaksiat.
Hijrah dalam arti katanya adalah berpindah. Namun, yang dimaksud di sini anda harus berpindah (Hijrah) dari lingkungan yang dulunya merupakan tempat maksiat ke tempat yang lebih baik dan jauh dari perbuatan maksiat.

4. Jauhi Pergaulan
Bukannya Islam tak boleh bersosialisasi, akan tetapi maksud jauhi pergaulan di sini ialah menghindari dari pergaulan dari orang-orang yang biasa atau tukang pacaran agar nantinya kita tak terikut dengan perbuatannya.

Hal ini dimaksudkan agar nantinya orang yang berpacaran tersebut tak menyindir atau mengejek kita dengan istilah kata jones , jomblo atau yang lainnya.

Ketika kita diejek dengan kata jomblo ataupun jones tentunya ini sangat menyakitkan hati kita bukan ! Nah, dari ejekkan ini pula dikhawatirkan nantinya akan memotivasi kita untuk mulai mencari pacar baru karena takut di bilang jombo atau jones lagi oleh mereka.

Intinya mereka memang tak mereka memang tak mengajak kita secara langsung akan tetapi mereka mengajak kita dengan sindiran yang berlangsung dan dengan menjauhi pergaulan pacaran secara
otomatis ingatan anda tentang dirinya pun secara perlahan mulai pudar.

5. Alihkan Pikiran
Saat bayangan tentang dirinya datang sebaiknya jangan didiamkan dan pada waktu itu cobalah berusaha untuk mengalihkan pikiran anda ke suatu hal penting yang lain seperti tentang pekerjaan. Akan tetapi yang mungkin lebih baik ialah alihkan pikiran anda ke dosa maupun siksaan akhirat kelak.

6. Hindari Lawan Jenis
Saat berhadapan dengan lawan jenis sebaiknya anda hindarilah, terlebih jika lawan jenis itu adalah mantan anda. Namun, bila ada keadaan yang memang darurat maka di makruhkah asalkan dengan adab dan aturan-aturan yang telah ditentukan di dalam islam

7. Tekad Menikah
Bertekad serius untuk menikah dan bertaubat untuk tak mau melakukan hubungan pacaran lagi. Dan yang paling penting adalah anda bisa melakukan ta’aruf dan mengenal pasangan dengan jalan yang benar.

Demikianlah artikel tentang 7 Tips Islami untuk Melupakan Mantan Yang Selalu Terbayang, Semoga Allah mudahkan jalan kepada kita