Jumat, 31 Juli 2015

Rahasia Bangkitkan Energi Selain Kopi



https://pixabay.com/id/users/condesign-509903/
Ilustrasi Teh
Rasa lelah ataupun lemas sering sekali dialami oleh banyak orang terutama bagi mereka yang bekerja dari pagi sampai sore hari. Dari rasa lelah atau lemas yang dialami tak jarang pula dari kebanyakan orang mengatasinya dengan cara meminum kopi.

Hal ini memang bisa membangkitkan tenaga akan tetapi jika berlebihan meminum kopi justru akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti penambahan asam lambung, penambahan detak jantung, masalah mata dan bahkan bisa berakibat buruk pada gairah bercinta anda.

Untuk menghindari dampak buruk tersebut tentu saja anda harus mengurangi konsumsi kopi yang berlebihan, dan mulailah mencari alternatif lain yang tentunya sehat dan ampuh guna membangkitkan tenaga anda. oleh karena itu berikut ini ada beberapa rahasia tips berikut ini


1. Minum Teh
Kafein yang ada di dalam kopi bisa anda ganti dengan teh yang tak memiliki kafein. Teh bisa membangkitkan energi anda karena kandungan asam amino L-theanin yang mampu meningkatkan rasa waspada, namun tetap saja anda jangan berlebihan dalam mengonsumsi teh ini.

2. Jangan Lewatkan Sarapan Sehat
Biasanya orang yang sering melewatkan sarapan maka akan cenderung memiliki tingkat kalsium, potasium, magnesium, karbohidrat, fosfor, zinc, vitamin A, E, B6, C  serta folat yang rendah. Kalau sudah begini tentu saja badan akan terasa lemas yang akhirnya pun akan berdampak pada produktivitas kerja anda. Sarapan yang sehat bukan hanya yang mengandung karbohidrat seperti Nasi, tapi cobalah sertakan buah, telur serta sayuran rebus di samping anda.

3. Penuhi Vitamin B
Vitamin B banyak terdapat pada protein hewani seperti Telur, Ikan, Daging, serta susu. Vitamin B12 dan vitamin B lainnya sangat baik untuk  proses metabolisme tubuh dan vitamin B ini juga dikatakan mampu meningkatkan level energi Anda.


4. Mengemil
Mengemil juga bisa bangkitkan tenaga Anda, caranya konsumsilah sedikit camilan dalam beberapa jam sekali agar kadar gula darah akan menjadi tetap stabil. Dengan cara itu Kita pun akan merasa tak terlalu lapar dan kelelahan karena bekerja. Namun, pilihlah camilan yang sehat, seperti yang tak memiliki kandungan gula darah terlalu banyak serta kandungan lemak yang rendah.

5. Wangi Sitrus (Jeruk & Lemon)
Buah Sitrus memiliki aroma wangi yang bisa menambah energi. Selain sitrus, pepermin ternyata juga bisa dijadikan sebagai pewangi pengusir rasa lelah. Untuk menggunakannya pilih aromaterapi dengan bau wewangian tersebut  kemudian pejamkan mata Anda dan coba tenangkan pikiran dan rasakan energi yang mulai bangkit.

6. Minum Air Putih
Air putih sudah terbukti memiliki banyak manfaat seperti menghindari risiko batu ginjal, membersihkan racun dalam darah melalui cairan urine ataupun keringat, memperlancar bab (buang air besar) Dan bahkan sampai memulihkan energi Anda.

Menurut Frank Lipman, penulis buku kesehatan The “New Health Rules “ mengatakan "Terkadang, saat kita merasa butuh kafein atau gula, sebenarnya yang dibutuhkan tubuh adalah air,"

7. Istirahat
Istirahat bukan berarti santai-santai tanpa alasan. Istirahat bisa menjadi alasan penting dalam hal ini karena Istirahat bisa membuat tubuh menjadi rileks serta mengisi tenaga anda kembali asalkan sebelumnya tubuh telah mengonsumsi berbagai macam makanan yang sehat.