Sunday, September 27, 2015

Inilah Makanan Pembunuh Kolesterol

Alpukat
Pada dasarnya kolesterol merupakan suatu zat yang memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh. akan tetapi, karena terdapat kolesterol yang berkategori LDL, maka kolesterol jadi memiliki dampak buruk, apalagi jika kadar kolesterol telah melebihi kapasitas yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk dampak buruk kolesterol, sepertinya tak boleh kita anggap sepele, terlebih jika dampak yang ditimbulkan itu mampu mengakibatkan berbagai macam penyakit serius, antara lain, hipertensi, stroke, dan bahkan serangan jantung.

Adapun pemicu tingginya kadar kolesterol umumnya berawal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan yang bisa memicu kolesterol itu ada banyak sekali macamnya, namun makanan berikut ini malah justru sebaliknya, hal demikian itu karena 9 makanan berikut dikenal karena memiliki khasiat yang dapat menurunkan kolesterol tubuh. Nah, sekarang apa saja sih makanan penurun kolesterol itu, Inilah dia Makanan penurun kolesterol tubuh.

1. Gandum
Gandum biasanya sering dijadikan sebagai roti, memang sangat terkenal dengan rasanya yang cukup lezat dan mengenakkan. Selain roti, Gandum juga sering diolah menjadi sereal gandum, yang sangat cocok dijadikan sebagai sarapan pagi Anda. Manfaat gandum sangatlah banyak, salah satunya yaitu sebagai penyerap LDL, yang nantinya LDL tersebut akan dikeluarkan dari tubuh Anda.

2. Lemak Omega-3(salmon dan sarden)
Lemak omega 3 merupakan zat yang kebanyakan terkandung pada ikan salmon dan sarden. Kandungan ini terkenal sebagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, Salah satu manfaatnya yaitu sebagai penolak penyakit demensia, penyakit jantung, dan kolesterol. Pada kandungan lemak omega-3 terdapat kandungan kolesterol baik yang mencapai 4 persen.

3. Kacang-kacangan
Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, seorang yang mengonsumsi 1,5 ons Walnut selama 6 hari dalam waktu sebulan, telah membuktikan bahwa kolesterolnya turun menjadi 5,4 persen dan kolesterol LDL 9,3 persen.  Selain Walnut, jenis kacang lain seperti Almond dan kacang Mete juga termasuk jenis kacang-kacangan terbaik untuk menurunkan kolesterol.

4. Teh
Teh memiliki kandungan Antioksidan, yang dikenal untuk melawan kanker, dan sebagai benteng terhadap kadar kolesterol jahat, yakni LDL. Teh hitam juga sangat dikenal sebagai penurun lemak darah hingga mencapai 10 % hanya dalam waktu 3 Mingguan. Selain itu Teh juga bisa menurunkan risiko jantung koroner yang sangat berbahaya.

5. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)
Coklat yang terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah cokelat hitam, mengapa demikian ? itu karena cokelat jenis ini dikabarkan 3 kali lebih kuat antioksidannya ketimbang susu. Namun ingat jangan terlalu berlebihan mengonsumsi Cokelat !

6. Bawang putih
Umumnya bawang putih memang kerap digunakan sebagai bumbu  masak saja. Akan tetapi, perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya bawang putih ini sangat banyak sekali kandungan serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat bawang putih, yaitu sebagai penurun tekanan darah, mengatasi infeksi, dan menurunkan kolesterol.

7. Minyak zaitun
Minyak Zaitun memang sangat bermanfaat lagi terkenal, terlebih jika namanya masuk dalam salah satu surah Al-Qur’an yaitu At-Tin., tepatnya pada ayat pertama. Minyak Zaitun memiliki kandungan asam lemak sehat monounsaturated, yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol LDL serta mampu menurunkan lemak pada perut Anda.

8. Bayam
Bayam memiliki kandungan Lutein yang dapat membantu dinding arteri dari kolesterol yang bisa mengakibatkan penyumbatan. Bayam juga sangat baik bagi jantung.

9. Alpukat
Alpukat memang merupakan buah yang tak habis-habisnya dibahas, pasalnya didalam buah ini memang terdapat berbagai macam kandungan dan manfaat. Salah satu kandungan alpukat adalah lemak baik, sementara untuk manfaatnya buah ini mampu membuang lemak jahat atau dikenal dengan LDL. Akan tetapi tetap saja buah ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, oleh karenanya kita tak boleh berlebihan mengonsumsi alpukat.

dari kesembilan buah penurun kolesterol itu, memang dapat menurunkan kolesterol pada tubuh, namun ada baiknya kita tak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya, apalagi jika terus-terusan tanpa mengimbangi makanan sehat yang lain.



EmoticonEmoticon