Saturday, April 30, 2016

Pendiri, Pemilik, Sejarah Perusahaan Apple Inc

Apa itu Apple? Apa sih pengertian Apple? Mungkin pertanyaan seperti ini sering kamu lontarkan. Alasannya ya apalagi, kalau bukan karena penasaran dengan pendiri/pemiliknya, produk serta sejarahnya. Untuk menghilangkan rasa penasaran itu, ada baiknya simak penjelasan berikut ini. 


Apple Inc adalah perusahaan teknologi multinasional asal Amerika yang berkantor pusat di Cupertino, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini berkutat pada bidang desain, pengembangan, dan menjual produk elektronik, perangkat lunak komputer, dan layanan online. Apple juga membuat produk perangkat keras seperti ponsel pintar iPhone, tablet iPad, komputer Mac, Ipod portable media player, serta jam pintar Apple (smartwatch).

Perangkat lunak yang berhasil dibuat oleh Apple ada banyak, termasuk di antaranya yaitu sistem operasi komputer OS X dan sistem operasi iOS, iTunes media player, Browser web Safari, iLife dan iWork kreativitas dan produktivitas suite. Selain perangkat lunak, layanan online mereka meliputi iTunes Store, iOS App Store dan Mac App Store, hingga iCloud.

Perusahaan Apple sendiri di didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne pada tanggal 1 April 1976. Kala itu, perusahaan ini berfokus dalam bidang mengembangkan dan menjual komputer pribadi. Ini didirikan Apple Computer, Inc. Dan pada 3 Januari, 1977, mulai berganti nama menjadi Apple Inc. Pada tanggal 9 Januari 2007, Apple sadar untuk mulai memfokuskan diri bergeser ke arah produk elektronik. Apple kemudian bergabung dengan Dow Jones Industrial Average pada tanggal 19 Maret 2015.

Hingga saat ini, Apple merupakan satu-satunya perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia dalam hal pendapatan. Mereka juga merupakan perusahaan teknologi terbesar di dunia berdasarkan total aset dan memiliki predikat sebagai produsen ponsel terbesar kedua dunia.

Pada bulan November 2014, selain menjadi perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, Apple menjadi perusahaan AS pertama yang bernilai lebih dari US $ 700 miliar. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 115.000 karyawan dengan masa jabatan permanen pada Juli 2015 serta memelihara hingga 475 toko ritel di tujuh belas negara dari Maret 2016.

Dua layanan oline Apple yaitu Apple Store dan iTunes Store, belakangan ini menyandang predikat sebagai pengecer musik terbesar di dunia. Ada lebih dari satu miliar produk Apple yang secara aktif digunakan orang-orang di seluruh dunia pada Maret 2016.

Pendapatan tahunan perusahaan Apple di seluruh dunia mencapai nilai $ 233.000.000.000 (dua ratus tiga puluh tiga miliar dolar) untuk tahun fiskal yang berakhir pada bulan September 2015. Untuk menempatkan hal ini dalam perspektif rekening generasi pendapatan sekitar 1,25% dari total GDP Amerika Serikat. Perusahaan ini memiliki kepercayaan tinggi dalam merek produk yang mereka buat dan, menurut Interbrand laporan Terbaik merek dunia edisi 2014, Apple adalah merek yang paling berharga di dunia dengan valuasi mencapai $ 118.900.000.000.

Pada akhir 2014, perusahaan ini mulai menerima kritik yang signifikan mengenai praktek­praktek kerja kontraktor dan praktik lingkungan dan bisnis, termasuk asal­usul dari mana sumber bahan yang mereka dapat untuk membuat produk.
Komputer Apple Sekarang (Canggih)
Sejarah Perusahaan Apple dari Awal Sampai Sekarang

1976-­1984: Pendiri dan penggabungan perusahaan

Apple didirikan pada tanggal 1 April 1976, oleh Steve Jobs bersama dua rekannya yaitu Steve Wozniak dan Ronal Wayne. Awalnya perusahaan ini dibentuk untuk tujuan menjual komputer personal Apple I kit. Komputer Apple I kit sendiri dirancang oleh Wozniak dan pertama kali ditampilkan ke publik di Homebrew Computer Club. Apple I dijual dengan paket yang berisi motherboard, CPU, RAM, dan chip dasar tekstual­video. Paket ini dinilai kurang lengkap jika disandingkan dengan komputer pribadi yang ada sekarang ini.

Apple I mulai dijual pada bulan Juli tahun 1976 dengan nilai pasaran murah sekitar $ 666,66. Pada tahun 2016, Apple I kit dihargai $ 2.772, karena laju inflasi.

Pada 3 Januari 1977, Apple didirikan tanpa Ronal Wayne, lantaran ia menjual saham perusahaan ke Jobs dan Wozniak dengan nilai $ 800. Multijutawan Mike Markkula berkuatat pada bidang keahlian bisnis memberikan suntikan dana sebesar $ 250.000 selama penggabungan Apple. Selama lima tahun pertama operasi pendapatan pun tumbuh secara eksponensial, artinya pendapatan mereka dua kali lipat sekitar setiap empat bulan. Antara September 1977 dan September 1980 penjualan tahunan tumbuh dari $ 775.000 sampai $ 118 ....M, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata­rata 533%.

Apple II, diciptakan oleh Wozniak dan diperkenalkan pada tanggal 16 April 1977 pada saat pertama West Coast Computer Faire. Ini berbeda dari saingan utama, TRS­80 dan Commodore PET, karena berbasis sel grafis warna karakter dan arsitektur terbuka. Sementara model Apple II awalnya menggunakan kaset biasa sebagai perangkat penyimpanan, dan akhirnya mereka digantikan oleh pengenalan 5 1/4 inch floppy disk drive dan antarmuka disebut Disk II. Apple II dipilih menjadi platform desktop pertama " killer app " dari dunia bisnis yaitu VisiCalc. Program ini merupakan aplikasi spreadsheet yang mampu menciptakan pasar bisnis untuk Apple II. Hal ini juga membentuk alasan tambahan yang membuat konsumen tertarik untuk membeli Apple II. Kompatibilitas dengan kantor sebelum VisiCalc, Apple telah menjadi jauh tempat ketiga pesaing untuk Commodore dan Tandy.

Pada akhir tahun 1970­an, Apple memiliki staf desainer komputer dan jalur produksi. Perusahaan ini memperkenalkan Apple III pada Mei 1980 dalam upaya untuk bersaing dengan IBM dan Microsoft dalam dunia bisnis dan pasar komputasi perusahaan. Jobs dan beberapa karyawan Apple, termasuk JefRaskin, mengunjungi Xerox PARC pada Desember 1979 untuk melihat Xerox Alto.

Xerox diberikan oleh insinyur Apple tiga hari untuk mengakses fasilitas PARC dengan imbalan opsi untuk membeli 100.000 saham (800.000 saham split­disesuaikan) Apple dengan harga pre­IPO sebesar $ 10 per saham.

Jobs langsung yakin bahwa semua komputer masa depan akan menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI), dan pengembangan GUI mulai untuk Lisa... Apple. Bagaimanapun, pada tahun 1982, ia didorong dari tim Lisa akibat pertikaian. Jobs mengambil alih proyek biaya komputer rendah JefRaskin, yaitu Macintosh. Bagian ras antara tim Lisa dan tim Macintosh di mana produk akan pemimpin utama. Lisa memenangkan lomba pada tahun 1983 dan menjadi komputer pribadi pertama yang dijual untuk umum dengan membawa antarmuka GUI. Sayangnya, komputer ini tak laku lantaran harganya yang dinilai terlalu tinggi dan memiliki perangkat lunak yang terbatas.

Pada tanggal 12 Desember 1980, Apple go public pada $ 22 per saham dan menghasilkan lebih banyak modal daripada IPO sejak Ford Motor Company pada tahun 1956 dan langsung menciptakan lebih banyak jutawan (sekitar 300) daripada perusahaan dalam sejarah.

1984­1991: Sukses dengan Macintosh

Pada tahun 1984, Apple meluncurkan Macintosh, komputer personal pertama yang dijual tanpa bahasa pemrograman sama sekali. Apple memperkenalkan kemunculan pertamanya ditandai dengan "1984" dan mengeluarkan sekitar $ 1,5 juta untuk biaya iklan televisi yang disutradarai oleh Ridley Scott dan ditayangkan selama kuartal ketiga super Bowl XVIII pada 22 Januari 1984. Peristiwa komersial ini sekarang dianggap sebagai peristiwa DAS untuk kesuksesan Apple dan "karya......".

Macintosh awalnya dijual dengan hasil baik. Namun sayang, penjualan mereka kemudian mengalami penurunan karena harga produk yang mereka tawarkan terlalu tinggi dan terbatasnya jangkauan perangkat lunak. Nasib mesin ini pun berubah dengan pengenalan LaserWriter, pertama adalah PostScript printer laser yang akan dijual dengan harga yang wajar, dan PageMaker yang merupakan awal paket desktop publikasi. Ia telah mengemukakan bahwa kombinasi dari ketiga produk ini bertanggung jawab untuk penciptaan pasar desktop publishing. Macintosh adalah sangat kuat di pasar desktop publishing karena kemampuan grafis canggih, yang tentu telah dibangun untuk menciptakan intuitif pada Macintosh tampilan GUI.

Pada tahun 1985, perebutan kekuasaan dikembangkan antara Jobs dan CEO John Sculley, yang telah disewa dua tahun sebelumnya. Dewan direksi Apple diperintahkan Sculley untuk "berisi" Jobs dan membatasi kemampuannya untuk meluncurkan perampasan mahal menjadi produk yang belum teruji. Daripada mengirimkan ke arah Sculley, Jobs berusaha untuk mengusir dia dari peran kepemimpinan di Apple. Sculley menemukan bahwa Jobs telah berusaha untuk mengatur kudeta dan menyebut bahwa pertemuan dewan di mana dewan direktur Apple memihak Sculley dan dihapus Jobs dari tugas manajerial. Karena itu, Jobs mengundurkan diri dari Apple dan mendirikan NeXT Inc pada tahun yang sama.

Setelah kepergian Jobs, lini produk Macintosh mengalami perubahan stabil fokus ke titik harga yang lebih tinggi, yang disebut "kebijakan tinggi yang benar" nama untuk posisi pada grafik harga vs keuntungan. Jobs berargumentasi bahwa perusahaan harus menghasilkan produk yang ditujukan untuk konsumen dengan harga $ 1000 untuk Macintosh, yang mereka tidak dapat memenuhi.

Model­model jual baru pada titik harga yang lebih tinggi yang ditawarkan lebih tinggi profit margin, dan tampaknya tidak berpengaruh pada total penjualan sebagai kuasa pengguna tersentak setiap peningkatan daya. Meskipun beberapa khawatir tentang harga diri keluar dari pasar, kebijakan tinggi benar berada di kekuatan penuh pada pertengahan 1980­an, terutama karena Jean­Louis Gassée mantra 's dari "lima puluh lima atau mati", mengacu pada 55% margin keuntungan dari Macintosh II.

Kebijakan ini mulai menjadi bumerang dalam tahun­tahun terakhir dekade sebagai program desktop publishing baru muncul pada klon PC yang menawarkan beberapa atau banyak fungsi yang sama dari Macintosh tetapi pada titik harga yang jauh lebih rendah. Perusahaan kehilangan monopoli (kendali) di pasar ini, dan telah terasuir dari pelanggan konsumen aslinya lanataran tidak mampu mengeluarkan biaya tinggi untuk harga produk mereka.

Pada akhir Desember tahun 1989, perusahaan Apple menyadari bahwa baru pertama kali dalam sejarah mereka mengalami penurunan penjualan. Hal ini menyebabkan penurunan harga saham Apple sekitar 20%. Keberatan Gassée ini telah ditolak, dan ia dipaksa dari perusahaan pada tahun 1990. Belakangan tahun itu, Apple memperkenalkan tiga model biaya yang lebih rendah, yaitu Macintosh Classic, Macintosh LC dan Macintosh IISI. Semuanya itu melihat penjualan yang signifikan karena terpendam permintaan.

Pada tahun 1991 Apple memperkenalkan PowerBook , menggantikan "luggable" Macintosh Portabel yang desainnya mirip seperti laptop modern. Pada tahun yang sama, Apple memperkenalkan System 7, sebuah upgrade besar untuk sistem operasi yang ditambahkan warna untuk antarmuka dan memperkenalkan kemampuan jaringan baru. Ini tetap memiliki dasar arsitektur untuk Mac OS sampai 2001.

Keberhasilan PowerBook dan juga produk lainnya telah membawa peningkatan dalam hal pendapatan. Dalam beberapa waktu, Apple melakukannya dengan sangat baik, yaitu dengan memperkenalkan produk baru yang segar dan menghasilkan keuntungan meningkat dalam proses. Majalah bernama MacAddict memberitakan bahwa pada periode antara tahun 1989 sampai 1991 adalah "zaman keemasan pertama" dari Macintosh.

Apple percaya jika seri Apple II itu terlalu mahal untuk diproduksi dan mengambil alih penjualan dari level bawah Macintosh. Pada tahun 1990, Apple merilis Macintosh LC, yang menampilkan satu slot ekspansi untuk IIe Card Apple yang membantu dalam migrasi Apple II untuk platform Macintosh. Sayangnya, Apple IIe dihentikan pada tahun 1993. Ini disebabkan pada lantaran pada tahun 1991­1997 terjadi Penurunan, restrukturisasi, dan akuisisi.

Keberhasilan biaya lebih rendah model konsumen Apple, terutama LC, juga menyebabkan kanibalisasi dari mesin mereka harga lebih tinggi. Untuk mengatasi hal ini, manajemen memperkenalkan beberapa merek baru, menjual mesin sebagian besar identik pada titik harga yang berbeda yang ditujukan untuk pasar yang berbeda. Ini adalah level atas Quadra, mid­range Centris line, dan naas Performa seri. Hal ini menyebabkan kebingungan pasar yang signifikan, sebagai pelanggan tidak memahami perbedaan antara model.

Apple juga bereksperimen dengan sejumlah produk gagal pada tahun 1990­an, termasuk kamera digital, pemutar CD musik portabel, speaker, konsol video, eWorld layanan online, dan peralatan TV.

Sumber besar juga diinvestasikan dalam masalah­melanda divisi Newton berdasarkan pada perkiraan pasar realistis John Sculley. Pada akhirnya, tak satu pun dari produk ini membantu dan Apple pangsa pasar dan harga saham terus meluncur. Sepanjang periode ini, Microsoft terus meraih pangsa pasar dengan Windows yang berfokus pada memberikan software murah untuk komputer pribadi, sementara Apple memberikan pengalaman kaya yang direkayasa dan mahal. Apple mengandalkan margin keuntungan tinggi dan tidak pernah mengembangkan respon yang jelas, sebaliknya, mereka menggugat Microsoft untuk menggunakan GUI mirip dengan Lisa Apple di Apple Computer, Inc. v. Microsoft Corp.

Gugatan berlangsung selama bertahun­tahun sebelum akhirnya dipecat. Pada saat ini, serangkaian produk utama dan tenggat waktu tidak terjawab dan berakibat ternodanya reputasi Apple, dan Sculley digantikan sebagai CEO oleh Michael Spindler. Pada awal 1990­an, Apple sedang mengembangkan platform alternatif untuk Macintosh, seperti A / UX.

Platform Macintosh itu sendiri menjadi usang karena tidak disertai dengan fitur multitasking dan karena beberapa perangkat lunak penting yang diprogram secara langsung ke dalam perangkat keras. Selain itu, Apple menghadapi persaingan dari OS / 2 dan UNIX vendor seperti Sun Microsystems. Macintosh akan perlu diganti dengan platform baru atau ulang untuk dijalankan pada hardware yang lebih kuat.

Pada tahun 1994, Apple bersekutu dengan IBM dan Motorola di aliansi AIM dengan tujuan menciptakan sebuah platform komputasi baru (PowerPC Reference Platform), yang akan menggunakan IBM dan Motorola hardware ditambah dengan perangkat lunak Apple. Aliansi AIM berharap kinerja PReP dan software Apple akan meninggalkan PC jauh di belakang dan dengan demikian dapat melawan Microsoft. Pada tahun yang sama, Apple memperkenalkan Power Macintosh yang pertama dari banyak komputer Apple menggunakan yang Motorola PowerPC prosesor.

Pada tahun 1996, Spindler digantikan oleh Gil Amelio sebagai CEO. Amelio membuat banyak perubahan di Apple, termasuk PHK luas dan memotong biaya. Setelah berbagai upaya untuk meningkatkan Mac OS, pertama dengan gagal Taligent proyek dan kemudian dengan Copland dan Gershwin, Amelio memilih untuk membeli NeXT dan sistem operasi NeXTSTEP dan juga membawa Steve Jobs kembali ke Apple.

1997­-2007: Kembali ke profitabilitas

Kesepakatan NeXT diselesaikan pada tanggal 9 Februari 1997, sehingga membawa Jobs kembali ke Apple sebagai penasehat. Pada tanggal 9 Juli 1997, Amelio digulingkan oleh dewan direksi setelah mengawasi harga saham rekor terendah dalam tiga tahun
dan kerugian finansial yang lumpuh. Jobs bertindak sebagai CEO interim dan mulai restrukturisasi lini produk perusahaan; itu
selama periode ini bahwa ia mengidentifikasi bakat desain Jonathan Ive, dan pasanganan ini akhirnya bekerja sama untuk membangun kembali status Apple.

Pada 1997 Macworld Expo, Jobs mengumumkan bahwa Apple akan bekerja sama dengan Microsoft untuk merilis versi baru dari Microsoft Office untuk Macintosh, dan bahwa Microsoft telah membuat investasi $ 150 juta saham Apel non­voting. Pada tanggal 10 November, 1997, Apple memperkenalkan Apple online Store, yang terkait dengan build­to­order strategi manufaktur baru. Pada tanggal 15 Agustus 1998, Apple memperkenalkan komputer all­in­one baru yang mengingatkan pada Macintosh 128K yaitu the iMac. Tim desain iMac dipimpin oleh Ive, yang kemudian akan merancang iPod dan iPhone.

The iMac merupakan teknologi modern unggulan yang memiliki desain yang unik, dan terjual hampir 800.000 unit dalam lima bulan pertama. Selama periode ini, Apple menyelesaikan berbagai akuisisi untuk menciptakan portofolio perangkat lunak produksi digital bagi para profesional dan konsumen.

Pada tahun 1998, Apple membeli Macromedia Key proyek software Grip 's, sinyal ekspansi ke video digital pasar editing. Penjualan tersebut merupakan hasil dari keputusan Macromedia untuk semata­mata fokus pada pengembangan perangkat lunak web. Produk itu masih belum selesai pada saat penjualan, karena itu maka namanya diganti menjadi " Final Cut Pro " ketika diluncurkan di pasar ritel pada bulan April 1999. Perkembangan Grip Key juga menyebabkan Apple merilis video­editing yaitu produk iMovie pada Oktober 1999.

Selanjutnya, Apple berhasil mengakuisisi perusahaan Jerman Astarte, yang telah mengembangkan DVD authoring teknologi, serta produk­produk yang sesuai Astarte dan tim engineering di April 2000. DVDirector alat digital Astarte ini kemudian diubah menjadi profesional yang berorientasi produk software DVD Studio Pro. Apple kemudian mempekerjakan teknologi yang sama untuk membuat iDVD untuk pasar konsumen.

Pada tahun 2002, Apple membeli Tidak Nyata untuk maju digital mereka compositing aplikasi Goyang, serta Emagic untuk musik aplikasi produktivitas Logic. Pembelian Emagic membuat Apple menjadi produsen komputer pertama yang memiliki sebuah perusahaan software musik. Akuisisi ini diikuti oleh perkembangan tingkat konsumen Apple GarageBand aplikasi. Pelepasan iPhoto pada tahun yang sama menyelesaikan iLife suite.

Sistem operasi Mac OS X, berdasarkan NeXT OPENSTEP dan BSD Unix, dirilis pada 24 Maret 2001 setelah beberapa tahun pembuatan. Sistem operasi ini ditujukan pada konsumen umum dan para profesional. Mac OS X bertujuan untuk menggabungkan stabilitas, kehandalan dan keamanan Unix dengan kemudahan penggunaan yang diberikan oleh sebuah antarmuka yang bisa dirombak pengguna. Untuk membantu pengguna dalam melakukan migrasi dari Mac OS 9, sistem operasi baru ini memungkinkan penggunaan OS 9 aplikasi dalam Mac OS X melalui Lingkungan Klasik.

Pada tanggal 19 Mei 2001, Apple membuka Retail Apple resmi pertama di Virginia dan California. Pada tanggal 23 Oktober tahun yang sama, Apple memperkenalkan iPod portabel pemutar musik digital. Produk, yang pertama kali dijual pada tanggal 10 November 2001 ini merupakan produk fenomenal yang sukses meraih angka penjualan sekitar 100 juta unit lebih dalam waktu enam tahun. Pada tahun 2003, Apple iTunes Store pun diperkenalkan. Layanan ini ditawarkan secara online dan memungkinkan penggunannya untuk download file musik dengan harga $ 0,99 lagu. Layanan ini sudah terintegrasi secara langsung dengan iPod. ITunes store dengan cepat menjadi pemimpin pasar dalam layanan musik online, dengan lebih dari 5 miliar download pada 19 Juni 2008.

Pada Worldwide Developers Conference pada tanggal 6 Juni 2005, Jobs mengumumkan bahwa Apple akan mulai memproduksi Intel berbasis komputer Mac pada tahun 2006. Pada tanggal 10 Januari 2006, MacBook Pro dan iMac menjadi komputer Apple pertama yang menggunakan Intel core Duo CPU. Pada tanggal 7 Agustus 2006, Apple membuat transisi ke chip Intel untuk seluruh produk Mac satu tahun lebih cepat dari pada yang diumumkan. The Power Mac, iBook dan PowerBook adalah merek yang sudah pensiun dan kemudian digantikan dengan masa Mac Pro, MacBook, dan MacBook Pro.

Pada tanggal 29 April 2009, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Apple sedang membangun tim insinyur sendiri untuk merancang microchip. Apple juga memperkenalkan Boot Camp pada tahun 2006 untuk membantu pengguna menginstal Windows XP atau Windows Vista pada Intel Mac mereka bersama Mac OS X. Keberhasilan Apple selama periode ini adalah jelas tampak pada harga sahamnya. Antara awal tahun 2003 dan 2006, harga saham Apple jauh meningkat lebih dari sepuluh kali lipat, dari yang awalnya sekitar $ 6 per saham (split disesuaikan) menjadi lebih dari $ 80.

Pada bulan Januari 2006, kapitalisasi pasar Apple berhasil melampaui Dell. Sembilan tahun sebelumnya, CEO Dell, Michael Dell mengatakan bahwa jika ia memimpin Apple ia akan "menutupnya dan memberikan uang kembali kepada para pemegang saham." Meskipun pangsa pasar Apple di bidang komputer telah tumbuh, namun itu tetap jauh di belakang pesaing yang menggunakan Microsoft Windows, terhitung sekitar 8% dari desktop dan laptop di AS. 

Sejak tahun 2001, tim desain Apple telah semakin meninggalkan penggunaan plastik berwarna bening yang pertama kali digunakan pada iMac G3. Perubahan desain ini dimulai dengan titanium yang dibuat PowerBook dan diikuti oleh iBook putih 's polikarbonat struktur dan layar datar iMac.

2007-20­11: Sukses dengan perangkat mobile

Selama keynote speech di Macworld Expo pada tanggal 9 Januari 2007, Jobs mengumumkan bahwa Apple Computer, Inc. setelahnya akan dikenal sebagai "Apple Inc.". Hal ini karena perusahaan telah bergeser penekanan dari komputer untuk produk elektronik. Acara ini juga memperlihatkan pengumuman iPhone dan Apple TV. Pada hari berikutnya, saham Apple mencapai $ 97,80, Pada saat itu semuanya bernilai tinggi.

Pada bulan Mei, harga saham Apple melewati $ 100 mark. Apple mencapai keberhasilan luas dengan produk iPhone, iPod Touch dan iPad, yang memperkenalkan inovasi ponsel, pemutar musik portabel dan komputer pribadi masing­masing. Selanjutnya, pada awal tahun 2007, ada sekitar 800.000 pengguna terdaftar dalam final Cut Pro. Dalam sebuah artikel yang diposting di website Apple pada tanggal 6 Februari 2007, Jobs menulis bahwa Apple akan bersedia untuk menjual musik di iTunes Store tanpa manajemen hak digital (DRM), sehingga memungkinkan lagu yang akan dimainkan pada pemain pihak ketiga, jika label rekaman setuju untuk menjatuhkan teknologi.

Pada tanggal 2 April 2007, Apple dan EMI bersama­sama mengumumkan penghapusan teknologi DRM dari katalog EMI di iTunes Store, hal ini berlaku pada Mei 2007. Label rekaman lain akhirnya mengikuti dan Apple menerbitkan siaran pers pada bulan Januari 2009 untuk mengumumkan perubahan yang sesuai dengan iTunes Store. Pada bulan Juli 2008, Apple meluncurkan App Store untuk menjual aplikasi pihak ketiga untuk iPhone dan iPod Touch. Dalam sebulan, toko menjual sekitar 60 juta aplikasi dan mendaftarkan pendapatan harian rata­rata sekitar $ 1 juta. Jobs berspekulasi pada bulan Agustus 2008 bahwa App Store bisa menjadi bisnis miliar dolar untuk Apple. Pada bulan Oktober 2008, Apple adalah pemasok handset mobile terbesar ketiga di dunia karena popularitas iPhone.

Pada tanggal 16 Desember 2008, Apple mengumumkan bahwa tahun 2009 akan menjadi tahun terakhirnya korporasi yang akan menghadiri Macworld Expo, setelah lebih dari 20 tahun hadir. Wakil presiden senior dari Seluruh Dunia Product Marketing Philip Schiller akan menyampaikan 2.009 pidato utama sebagai pengganti dari Jobs. Siaran pers resmi menjelaskan bahwa Apple "teori kembali" pada pameran dagang pada umumnya, termasuk Macworld Tokyo dan Apple Expo di Paris, Prancis, terutama karena keberhasilan besar dari Toko Eceran Apple dan situs telah diberikan pameran dagang saluran promosi minor.

Pada tanggal 14 Januari 2009, sebuah memo internal dari Jobs mengumumkan bahwa ia akan mengambil enam bulan cuti medis dari Apple hingga akhir Juni 2009 dan akan menghabiskan waktu berfokus pada kesehatannya. Dalam email tersebut, Jobs menyatakan bahwa "rasa ingin tahu atas kesehatan pribadi saya terus menjadi perhatian tidak hanya untuk saya dan keluarga saya, tetapi orang lain di Apple juga", dan menjelaskan bahwa istirahat akan memungkinkan perusahaan "untuk fokus pada memberikan produk yang luar biasa ". Meskipun tidak ada Jobs, Apple mencatat non­liburan terbaik pada kuartal (TA Q1 2009) yang selama resesi dengan pendapatan $ 8.160.000.000 dan laba $ 1,21 miliar. Setelah bertahun­tahun spekulasi dan beberapa dikabarkan "bocor", Apple mengumumkan dalam layar besar, perangkat media tablet seperti yang dikenal sebagai iPad pada 27 Januari 2010.

iPad berjalan pada sistem yang sama yang berbasis sentuhan seperti sistem operasi iPhone, dan banyak aplikasi iPhone yang kompatibel dengan iPad. Hal ini memberikan iPad sebagai katalog aplikasi yang besar pada peluncuran, meskipun waktu pengembangan yang sangat sedikit sebelum rilis. Belakangan tahun itu pada tanggal 3 April 2010, iPad diluncurkan di AS. Sejak saat itu iPad berhasil terjual lebih dari 300.000 unit pada hari pertama, dan 500.000 pada akhir minggu pertama. Pada bulan Mei tahun yang sama, kapitalisasi pasar Apple melampaui pesaing Microsoft untuk pertama kalinya sejak 1989. Pada bulan Juni 2010, Apple merilis iPhone 4, yang memperkenalkan fitur video calling, multitasking , dan new uninsulated stainless steel desain yang bertindak sebagai antena telepon.

Belakangan tahun itu, Apple lagi­refresh lini iPod MP3 player dengan memperkenalkan multi­touch iPod Nano, sebuah iPod
Touch dengan FaceTime, dan iPod Shuffle yang membawa kembali tombol dari generasi sebelumnya. Selain itu, pada tanggal 20 Oktober, Apple memperbarui MacBook Air laptop, aplikasi iLife suite, dan meluncurkan Mac OS X Lion, versi terakhir dengan nama Mac OS X.

Pada bulan Oktober 2010, saham Apple mencapai nilai tinggi, yaitu $ 300. Pada tanggal 6 Januari 2011, perusahaan membuka Mac App Store, sebuah software platform distribusi digital mirip dengan iOS App Store. Bersama entitas rekan seperti Atari dan Cisco Systems, Apple tampil dalam film dokumenter Sesuatu Berkelana yang tayang perdana pada tahun 2011 dan menjelajahi era tiga dekade yang mengarah pada pembentukan dan dominasi Silicon Valley.

Pada tanggal 17 Januari 2011, Jobs mengumumkan di Apple memo internal bahwa ia akan mengambil cuti medis lain untuk waktu yang tidak terbatas. Hal ini untuk memungkinkan dia untuk fokus pada kesehatannya. Chiefoperating officer Tim Cook diasumsikan operasi sehari­hari Jobs di Apple, meskipun Jobs masih akan tetap "terlibat dalam keputusan strategis besar".

Apple menjadi merek konsumen menghadap paling berharga di dunia. Pada bulan Juni 2011, Jobs mengejutkan mengambil panggung dan meluncurkan iCloud , penyimpanan dan sinkronisasi layanan online untuk musik, foto, file dan perangkat lunak yang menggantikan MobileMe. Ini merupakan upaya Apple yang sebelumnya di konten sinkronisasi. Ini akan menjadi produk luncuran terakhir Jobs sesaat sebelum kematiannya. Telah berpendapat bahwa Apple telah mencapai efisiensi tersebut dalam rantai pasokan bahwa perusahaan beroperasi sebagai monopsoni (satu pembeli, banyak penjual) dan dapat mendikte istilah untuk pemasoknya.

Pada bulan Juli 2011, karena Amerika krisis utang yang tinggi, cadangan keuangan Apple yang singkat lebih besar dari orang­orang dari Pemerintah AS. Pada tanggal 24 Agustus 2011, Jobs mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Apple. Ia digantikan oleh Cook and Jobs menjadi ketua Apple. Sebelum ini, Apple tidak memiliki ketua dan bukannya memiliki dua direktur co­lead, Andrea Jung dan Arthur D. Levinson, yang dilanjutkan dengan judul­judul sampai Levinson menjadi Ketua Dewan pada bulan November.

2011­15: Era Jabatan Jobs

Pada 5 Oktober 2011, Apple mengumumkan bahwa Jobs telah meninggal dunia. Ini menandai akhir sebuah era untuk Apple. Yang pertama dan utama adalah produk pengumuman oleh Apple berikut lewat Jobs yang terjadi pada 19 Januari 2012, ketika Apple Phil Schiller memperkenalkan iBooks buku teks untuk iOS dan iBook Author untuk Mac OS X di New York City.

Jobs telah menyatakan dalam biografinya bahwa ia ingin menemukan kembali industri buku dan pendidikan. Dari 2011 hingga 2012, Apple merilis iPhone 4S dan iPhone 5, yang menampilkan kamera yang ditingkatkan, sebuah " cerdas software asisten " bernama Siri....., dan data Cloud yang bersumber dari iCloud;yang ketiga dan keempat generasi iPads, yang menampilkan Retina display ; dan iPad Mini, yang menampilkan layar 7,9 inci kontras dengan layar 9,7 inci iPad. Peluncuran ini berhasil, dengan iPhone 5 (dirilis September 21, 2012) menjadi peluncuran iPhone terbesar Apple dengan lebih dari 2 juta pre­order dan penjualan 3 juta untuk iPads dalam tiga hari setelah peluncuran iPad Mini dan generasi keempat iPad (dirilis November 3, 2012).

Apple juga merilis generasi ketiga 13­inch MacBook Pro dengan layar Retina dan baru iMac dan Mac Mini komputer. Pada 29 Oktober 2011, Apple membeli C3 Technologies, sebuah perusahaan pemetaan dengan menghabiskan biaya sekitar $ 240 juta agar menjadi bagian perusahaan Apple. Pada tanggal 10 Januari 2012, Apple mengeluarkan $ 500 juta untuk mengakuisisi Anobit , sebuah perusahaan hardware Israel yang mengembangkan dan memasok teknologi pemrosesan sinyal memori proprietary yang meningkatkan kinerja flash­memory yang digunakan di iPhone dan iPad.

Pada tanggal 24 Juli 2012, selama panggilan konferensi dengan investor, Tim Cook mengatakan bahwa ia mencintai India, tapi bahwa Apple akan mengharapkan peluang yang lebih besar di luar India. Masak..... dikutip alasan sebagai persyaratan sumber 30% dari India. Pada tanggal 20 Agustus 2012, saham nilai saham Apple naik dan membuat rekor baru di dunia $ 624.000.000.000. Rekor ini bahkan mengalahkan rekor yang tidak disesuaikan dengan inflasi untuk kapitalisasi pasar yang ditetapkan oleh Microsoft pada tahun 1999.

Pada tanggal 24 Agustus 2012, juri AS memutuskan bahwa Samsung harus membayar Apple sekitar $ 1.050.000.000 (£ 665m) akibat gugatan atas kerusakan dalam kekayaan intelektual. Samsung mengajukan banding atas kerusakan penghargaan, yang Pengadilan kurangi dengan $ 450 juta. Pengadilan selanjutnya mengabulkan permintaan Samsung untuk sidang baru. Pada tanggal 10 November 2012, Apple membenarkan penyelesaian global yang akan memberhentikan semua tuntutan hukum antara Apple dan HTC sampai dengan tanggal tersebut, mendukung perjanjian lisensi sepuluh tahun untuk paten saat ini dan masa depan antara kedua perusahaan.

Hal ini diprediksi bahwa Apple akan membuat $ 280.000.000 per tahun dari kesepakatan tersebut dengan HTC. Sebuah email yang sebelumnya rahasia dan ditulis oleh Jobs setahun sebelum kematiannya, disajikan selama proses dari Apple Inc v Samsung Electronics Co. Tuntutan hukum dan menjadi tersedia untuk umum pada awal April 2014. Dengan baris subjek yang bertuliskan "Top 100 ­ A , "email itu dikirim hanya untuk 100 karyawan yang paling senior perusahaan dan menguraikan visi Jobs pada masa depan Apple Inc di bawah 10 subpos. Khususnya, Jobs menyatakan sebuah "Perang Suci dengan Google" untuk 2011 dan jadwal sebuah "kampus baru......." untuk tahun 2015.

Maret 2013, Apple mengajukan paten untuk augmented reality sistem (AR) yang dapat mengidentifikasi objek dalam aliran video langsung dan menyajikan informasi yang sesuai dengan objek­objek itu melalui dihasilkan oleh komputer lapisan informasi overlay di atas gambar dunia nyata. Kemudian pada tahun 2013, Apple mengakuisisi .... Inc, sebuah perusahaan pemetaan berbasis di Silicon Valley kecil yang membangun angkutan aplikasi gratis untuk membantu pengguna smartphone menavigasi transportasi umum di kota­kota AS. Selain itu Apple juga mengakuisisi PrimeSense, sebuah perusahaan 3D penginderaan Israel yang berbasis di Tel Aviv. Pada bulan Desember tahun 2013, Apple Inc membeli analisis sosial perusahaan Topsy. Topsy adalah salah satu dari sejumlah perusahaan kecil dengan akses real­time ke pesan yang muncul di Twitter dan dapat "melakukan analisis real­time dari tren dan diskusi yang terjadi di Twitter".

Perusahaan Apple juga membuat beberapa perekrutan profil tinggi keputusan pada tahun 2013. Pada tanggal 2 Juli 2013, Apple merekrut Paul Deneve, Presiden Belgia dan CEO Yves Saint Laurent sebagai wakil presiden ysng bertanggung jawab langsung kepada Tim Cook. Pada pertengahan Oktober 2013, sebuah pengumuman mengungkapkan bahwa Burberry.... eksekutif Angela Ahrendts akan dimulai sebagai wakil presiden senior di Apple pada pertengahan 2014. Ahrendts mengawasi strategi digital Burberry selama hampir delapan tahun dan selama karirnya, penjualan pun meningkat menjadi sekitar US $ 3,2 miliar dan saham naik lebih dari tiga kali lipat.

Pada Konferensi Developer Worldwide pada 10 Juni 2013, Apple mengumumkan sistem operasi iOS ketujuh bersama dengan sistem operasi OS X Mavericks, versi sepuluh Mac OS X, dan radio baru Internet layanan yang disebut iTunes Radio. iTunes Radio, iOS 7 dan OS X Mavericks yang dirilis musim gugur 2013. Pada tanggal 6 Desember 2013, Apple Inc meluncurkan iBeacon di 254 toko ritel yang ada di United States. Dengan menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth, iBeacon dapat mengetahui lokasi yang sebenarnya pengguna dalam toko Apple dan mengirim pesan pengguna tentang produk, acara dan informasi lainnya, disesuaikan dengan lokasi pengguna.

Bersama dengan Google wakil presiden Vint Cerfdan AT & T CEO Randall Stephenson, Masak... menghadiri pertemuan puncak tertutup yang diselenggarakan oleh Presiden Obama pada 8 Agustus 2013. Pertemuan itu membahas tema tentang pengawasan pemerintah dan Internet di bangun dari Edward Snowden insiden NSA. Pada tanggal 4 Februari 2014, .....Masak bertemu dengan Abdullah Gül, Presiden Turki, di Ankara untuk membahas keterlibatan perusahaan dalam proyek Fatih. Cook juga menegaskan bahwa akan dibuka toko Retail Apple pertama di Istanbul pada bulan April 2014.

Karyawan tanpa nama Apple mengungkapkan kepada situs Bloomberg bahwa pembukaan toko di Tokyo, Jepang, akan direncanakan pada tahun 2014. Seorang analis Jepang telah menyatakan, "Untuk Apple, pasar Jepang ini menarik dari segi kuantitas dan harga. Ada ruang untuk memperluas penjualan tablet dan kemungkinan pasar Jepang memperluas jika mitra operator seluler Apple meningkat.".

Pada 13 Juni 2014, Apple mengoperasikan tiga toko di Tokyo. Pada tanggal 1 Oktober 2013 silam, Apple India secara eksekutif berencana akan meluncurkan dan memperluas lebih lanjut ke pasar India, berikut pengakuan Cook pada Juli 2013 ketika hasil penjualan menunjukkan bahwa penjualan iPhone di India tumbuh 400% selama kuartal kedua tahun 2013.

Apple Inc melaporkan bahwa perusahaan menjual 51 juta iPhone di Q1 2014 (catatan triwulan sepanjang masa), dibandingkan 47,8 juta pada kuartal tahun lalu. Apple juga menjual 26 juta iPad pada kuartal tersebut, juga merupakan rekor sepanjang masa pada kuartal, dibandingkan dengan 22,9 juta pada kuartal tahun lalu. Perusahaan menjual 4,8 juta Mac, dibandingkan dengan 4,1 juta pada kuartal tahun lalu. Pada tanggal 28 Mei 2014, Apple membenarkan niat untuk mengakuisisi Dr. Dre dan Jimmy Iovine perusahaan musik 's Beats Electronics ­producer dari Beats oleh Dr Dre garis headphone dan produk speaker dan operator dari layanan streaming musik Beats Musik untuk $ 3 miliar dan untuk menjual produk mereka melalui outlet ritel Apple dan reseller. 

Iovine merasa bahwa Beats... selalu "milik" dengan Apple, karena perusahaan dimodelkan sendiri setelah Apple "kemampuan yang tak tertandingi untuk budaya dan teknologi." Pada bulan Agustus 2014, perwakilan Apple membenarkan kepada media bahwa anand Lal Shimpi, editor dan penerbit dari website AnandTech, telah direkrut oleh Apple tanpa merinci peran Lal Shimpi ini. 

2015­-sekarang: "Satu­satunya hal yang telah berubah adalah segalanya" dan ulang tahun keempat puluh

Pada tahun 2016, terungkap bahwa Apple akan membuat seri pertama asli scripted, enam episode
drama tentang kehidupan Dr Dre. Musik direktur Video Paul Hunter akan mengarahkan seri. Pada tanggal 18 April 2016 Apple mengumumkan produk laptop terbaru dengan ....

1 komentar so far

pendapatannya itu ga nahan gan "dua ratus tiga puluh tiga miliar dolar"


EmoticonEmoticon