Jumat, 22 Juli 2016

Tips Membeli/Menyewa Apartemen Yang WAJIB Anda Tahu!


Apartemen adalah jenis tempat tinggal yang hampir sama seperti rumah biasa. Perbedaannya dengan rumah hanyalah pada bentuk apartemen yang umumnya terdiri dari gedung tinggi, besar dan mewah.


Apartemen tidak seperti hotel, yang hanya disewa dalam beberapa waktu saja. Tetapi Apartemen lebih dari pada itu, ia dapat disewa atau bahkan dibeli jika memungkinkan.

Apartemen umumnya memiliki beberapa fasilitas yang sama seperti rumah. Beberapa fasilitas itu termasuk tempat tinggal yang terdiri dari kamar tidur, kamar duduk/ruang tamu, kamar mandi, dapur dan lainnya. Semua fasilitas ini berada dalam satu lantai ruangan atau dalam satu tingkat bangunan. Selain fasilitas utama, apartemen modern mayoritas menyediakan fasilitas lain yang juga terkesan mewah seperti kolam renang, gym, shop, dan lainnya.

Hidup didalam apartemen memang akan memberikan pengalaman tersendiri bagi pemiliknya. Tetapi jika Anda berniat untuk membeli atau menyewa apartemen sebaiknya memastikan beberapa poin penting supaya tidak merasa rugi setelah memesannya. Berikut adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum atau ketika berniat memesan apartemen.

1. Perhatikan Keadaan Eksterior dan Interior
Eksterior atau bagian luar apartemen sangat perlu Anda perhatikan. Jangan sampai Anda harus menyesal setelah membeli apartemen setelah melakukan transaksi. Anda tidak boleh percaya begitu saja pada foto bangunan apartemen yang Anda lihat dibrosur atau pun website. Hal demikian karena mungkin saja foto apartemen yang terlihat bagus itu merupakan foto lama yang tidak sesuai dengan waktu sekarang. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya harus meninjau langsung apartemen yang ingin dibeli.

Atau apabila Anda punya teman atau kenalan di sekitar apartemen, maka Anda bis meminta bantuan kepadanya untuk mengirim foto atau memberikan review. Hal yang perlu ditinjau tidak hanya segmen eksterior tetapi juga keadaan interior apartemen. Sebaiknya, Anda harus memeriksa bagian-bagian interior seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan dapur dan sebagainya.

2. Perhatikan Akses Menuju kamar Apartemen
Memperhatikan akses menuju kamar apartemen pribadi tentu merupakan hal yang harus Anda perhatikan. Hal demikian supaya Anda nantinya tidak akan mengalami kesusahan ketika ingin masuk. Jika penghuni apartemen adalah seorang yang sudah tua dan mudah lupa sebaiknya harus memilih apartemen pada lantai bawah. Hal demikian supaya mereka tidak mudah lelah ketika ingin masuk apartemen setelah sebelumnya pergi ke luar gedung. Meskipun faktanya sudah ada lift, namun tetap saja ruang apartemen yang berlokasi digedung paling tinggi akan membuat ia harus menunggu, membuang waktu dan juga membuang tenaga. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan apabila manula yang tinggal diapartemen lantai atas berpotensi berbahaya, terlebih jika ia memiliki riwayat penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

3. Perhatikan fasilitas yang menawarkan makanan
Makanan adalah tenanga yang diperlukan manusia untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tanpa adanya makanan kita mungkin saja akan mati. Nah, oleh sebab itu keberadaan makanan adalah hal wajib yang harus ada disekitar kita termasuk apartemen. Sebuah apartemen yang baik hendaknya memiliki fasilitas yang menawarkan pemesanan makanan atau setidaknya menawarkan bahan makanan yang nantinya akan Anda olah sendiri. Salah satu keuntungan jika tersedianya fasilitas ini adalah Anda tidak perlu repot-repot untuk keluar untuk mencari makanan di supermarket atau sebagainya.

4. Perhatikan Keamanan
Jika Anda berniat tinggal diapartemen bersama dengan orang tua (manula) dan anak kecil, maka sebaiknya pilihnya apartemen yang memiliki prioritas keamanan yang ketat. Hal ini perlu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Anda bisa memperhatikan kondisi jendela, balkon (jika tersedia), dan hal-hal lainnya yang berpotensi bahaya.

5. Perhatikan Lingkungan Sekitar
Anda tidak boleh lupa untuk mengetahui bagaimana keadaan lingkungan sekitar apartemen. Anda sebaiknya memilih apartemen yang berada dilokasi yang pas dan nyaman. Salah satu cara mendapatkan apartemen yang nyaman ialah dengan memperhatikan kondisi sekitarnya. Apartemen yang baik umumnya memiliki tentangga yang baik pula. Sebaliknya, Anda jangan sampai memiliki tetangga yang bersifat jahat atau pengganggu.

6. Harga
Setelah semuanya telah terpenuhi, sekarang Anda hanya tinggal memperhatikan harga. Sebaiknya Anda teliti ketika berhadapan dengan bill. Hal ini supaya Anda tidak terkecoh atau merasa tertipu suatu hari nanti. Yang sebaiknya Anda perhatikan adalah biaya perawatan, makanan, pelayanan, dan lainnya.

Itulah beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan ketika ingin memesan apartemen. Semua hal ini sangat perlu Anda ketahui agar nantinya penyesalan tidak akan datang.