Selasa, 11 Agustus 2015

7 Kebiasaan Sukses Ala Pengusaha Dunia


Mark Zuckerberg (foto)
Setiap orang pastinya memiliki  kebiasaannya sendiri-sendiri. Kebiasaannya itu terbagi menjadi dua, pertama adalah kebiasaan positif dan kedua kebiasaan yang negatif. Dengan adanya kedua jenis kebiasaan tersebut, maka tak jarang di antaranya akan terbawa hingga masa dewasa sehingga akan memengaruhi masa depan nanti.

Oleh karena itu, sejak dini inilah, kita sebaiknya mulai memberlakukan kebiasaan sehat yang tentunya akan menguntungkan kita suatu saat nanti. Di antara kebiasaan sehat yang menguntungkan contohnya saja adalah kebiasaan yang membudidayakan perilaku positif supaya mampu mendongkrak kesuksesan kita di masa yang mendatang.

Namun, Sebenarnya apa saja sih kebiasaan sukses itu ? Nah, untuk lebih jelasnya berikut ulasan mengenai 7 kebiasaan hebat agar menjadi pengusaha sukses menurut laman Enterpreneur. Oleh karenanya, simak ulasan ini :

1. Fokus Terhadap Hal besar
Para pengusaha ternama seperti pendiri situs facebook, Mark Zuckerberg lebih memusatkan perhatiannya terhadap hal-hal yang penting yang mampu membawa dampak besar bagi kehidupannya ketimbang harus meladeni perkara kecil yang dianggap kurang penting seperti sibuk dalam memikirkan pakaian apa yang harus dipakai di hari ini ?

Mark Zuckerberg yang merupakan seorang pengusaha kaya sebenarnya, lebih sering mengenakan pakaian harian seperti celana Jeans dan hoodie yang merupakan pakaian sederhana.

Selain pendiri Facebook, ternyata pengusaha lain yang pernah menjadi sosok penting di perusahaan Apple yakni Steve Jobs kabarnya juga sering mengenakan pakaian sederhana seperti celana Jean dan turtleneck hitam.

2. Tidak mengenal kata-kata tidak bisa (Pantang Menyerah)
Ketika berbisnis, tak jarang bisnis tersebut dilanda dengan hadirnya berbagai masalah berat yang bisa membuat pebisnis tersebut menjadi lebih mudah menyerah dan putus asa. Permasalahan seperti ini umumnya datang dari sindiran tetangga dekat.

Jika anda berada dalam kondisi seperti ini, sebaiknya mulailah untuk meneguhkan hati serta menguatkan keyakinan bahwa bisnis itu bisa sukses seperti yang diharapkan.

Hal ini sejalan dengan apa yang telah diterapkan oleh CEO perusahaan Tesla Motors dan SpaceX Elon Musk yang kabarnya mereka senantiasa tidak memberikan orang-orang sekitarnya untuk melontarkan alasan bahwa sesuatu tidak mungkin dilakukan.

Dengan kata lain, hal ini berarti bukan tetangga anda yang mengatur atau menahu tentang bisnis yang Anda lakukan, jadi hal ini tinggal Anda saja yang harus yakin akan bisnis tersebut

3. Membuat satu langkah lebih maju dari lainnya
Dalam berbisnis hendaknya kita selalu menginovasikan sesuatu yang baru sehingga bisa membuat maju bisnis tersebut meski hal itu baru maju selangkah. Marissa Mayer yang merupakan seorang CEO dari situs Yahoo . Banyak orang mengatakan dirinya bahwa ia sangat ulet dan bahkan sangat menakutkan dan mengintimidasi jika dalam soal dedikasinya terhadap pekerjaan.

Buktinya saja ia pernah bekerja keras untuk mencoba 41 nuansa yang berbeda dari warna biru dalam hasil dari mesin pencarian Google sewaktu ia masih bekerja di perusahaan Google itu.

4. Mengutamakan pelanggan
Banyak yang mengungkapkan bahwa pembeli adalah Raja, ungkapan seperti ini bisa dibilang sejalan dengan suksesnya sebuah perusahaan sosial media yang diidentikkan dengan icon burung biru yakni Twitter.

Jejaring sosial media twitter yang menyungsung pesan singkat dengan 140 karakter ini didirikan oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan juga Biz Stone yang kabarnya mereka lebih mementingkan pelanggan atau pengguna Twitter ketimbang penghasilan perusahaan itu sendiri.

Pihak Twitter sering mendengar banyaknya permintaan dan mereka langsung menambahkan fitur-fitur guna memuaskan pengguna sosial media tersebut.

5. Selalu siap untuk pindah haluan
Kegagalan dalam berbisnis merupakan hal yang wajar jika terjadi, Namun, hal ini bisa diatasi bila sang pebisnis tak menyerah dan senantiasa mencari-cari sesuatu yang baru dari yang sebelumnya sehingga bisnisnya itu bisa maju dari bisnis saingan.

Ada banyak perusahaan ternama yang pernah gagal namun malah sukses berbisnis setelah mereka mencari sesuatu yang lain. Misalnya saja Classtivity yang merupakan sebuah perusahaan gagal yang pernah dikelola oleh Payal Kadakia. Namun, setelah menyadari bahwa ia telah salah arah kemudian ia pun berpindah untuk mendirikan ClassPass sehingga sukses tumbuh menjadi perusahaan.

6. Selalu ada setiap saat
Banyak dari pengusaha sukses yang merasa kurang jika hanya masuk pagi jam 9, dan pulang sore jam 5. Umumnya para pengusaha yang dimaksud selalu mengelola bisnisnya di manapun dan kapan pun walau itu harus melewati jam kerja dari karyawannya perusahaannya sendiri.

Adalah Sir Richard Branson yang mengelola Virgin Airlines secara langsung di perusahaanya tersebut. Di sana ia pun tak jarang bercengkerama dengan karyawan dan pelanggannya supaya menemukan umpan balik agar perusahaannya menjadi lebih baik dan bahkan dengan kebiasaannya itu ia juga bisa mendapatkan ide baru.

7. Tetap setia pada budaya perusahaan
Startups merupakan salah satu peluang bagi orang untuk membangun sebuah budaya di perusahaan. ModCloth yang didirikan oleh Susan Gregg Koger mengawali bisnis ritel Onlinenya pada saat ia masih berusia 17 tahun, yang di mana saat itu ia belum memiliki pengalaman profesional di bisnis yang ia geluti.

Karena itu, hal ini pun menimbulkan lebih banyak daya kreatif karena ia merupakan seorang pemula. Dan karena statusnya itu pun sehingga mampu membuat timnya bisa lebih berpikir di luar kotak.
Dan Setelah beberapa tahun ia sukses dalam memimpin perusahaan itu, Koger pun akhirnya mampu mendorong tim-timnya untuk selalu mengalirkan mentalitas pemulanya tersebut guna membentuk inovasi bagi para pelanggan dan perusahaannya.

Itulah 7 Kebiasaan Sukses Ala Pengusaha Dunia, semoga dapat menginspirasi Anda dalam menggeluti bisnis masing-masing.