Tuesday, April 7, 2015

Tips menjadi ayah yang baik bagi anak anda

Ayah dan anak

Tips menjadi ayah yang baik bagi anak anda

Seorang ayah selalu menjadi peran utama dalam mendongkrak keluarganya ke dalam keluarga yang Rukun dan tenteram. Dalam mewujudkan kerukunan yang ada di keluarganya tentu harus memiliki ketekunan dan keinginan dalam berusaha.

Memang menjadi seorang ayah bukanlah hal yang mudah terlebih lagi jika Anda baru-baru saja menjadi seorang ayah. Hal yang terkadang membuat sulit menjadi seorang ayah adalah karena Tanggung jawabnya yang besar.

Salah satu tanggung jawabnya yang sulit yaitu membimbing dan mengajarkan anak. Hal tersebut terbilang sulit karena seorang anak biasanya membantah atau tidak mau menerima nasihat Ayahnya.
Biasanya jika anak tidak mau menerima nasihat Ayahnya atau ibunya mungkin ada beberapa hal yang membuat mereka demikian. Salah satu contohnya saja yaitu anda terlalu keras mendidiknya.

Nah, bila anda tidak ingin anak menjadi seperti hal demikian maka ada baiknya anda bisa menjadi ayah yang baik bagi anak anda sendiri.

berikut ada beberapa tips menjadi ayah yang baik:

1. Pendekatan Dengan anak

Biasanya seorang ayah cenderung jarang dekat dengan anaknya, hal ini memang wajar karena ayah selalu pergi dan pulang malam hari untuk mencari nafkah keluarga.  Akan tetapi Usahakan berikan waktu luang buat pendekatan dengan sekadar bermain (Balita), mengobrol (pubertas) atau menyayangi anak anda.

2. Perhatikan kenakalan anak

Masa anak anak merupakan suatu masa yang di penuhi dengan bermain. Akan tetapi usahakan anak anda bermain dengan benda yang jauh dari berbahaya. Jika anak anda masih kecil usahakan jauhkan benda-benda kecil dari jangkauannya karena takutnya nanti ia akan menelan benda tersebut.

3. Mendukungnya

Anak-anak kadang kala sering berangan-angan ingin memiliki cita-cita yang tinggi. Pada saat  anak anda berangan-angan hendaklah anda memberikan Do’a, semangat dan dukungan kepadanya. Karena dukungan tersebut sangat berpengaruh terhadap anak agar ia memiliki sifat pantang menyerah dan bersemangat.

4. Berikan contoh perilaku baik
 

Jangan pernah sekali-kali berbohong apalagi di depan anak anda yang masih kecil. Karena hal tersebut di rekam oleh anak anda sehingga akhirnya ia menjadi pembohong. Jadi jangan tanya kepada dia siapa yang mengajari perbuatan berbohong.

5. Jangan Manjakan anak

Memang benar masa Anak-anak adalah masa bermain akan tetapi jangan berikan semua permainan yang anak anda inginkan karena Mainan itu sendiri belum tentu bermanfaat bagi anak anda.

Adapun anda bisa memberikan permainan yang bermanfaat dan bersifat mendidik baginya yaitu Permainan Meyusun kubus


EmoticonEmoticon